Bootstrap - Framework Desain Template Blog Responsive

Mengenal Bootstrap - Kode Desain Template Responsive Berbasis HTML & CSS
BOOTSTRAP adalah produk Twitter untuk membangun situs web atau blog berbasis HTML dan CSS.

Bootstrap is a free and open-source front-end web framework for designing websites and web applications. It contains HTML- and CSS-based design templates.

Bootstrap makes front-end web development faster and easier. It's made for folks of all skill levels, devices of all shapes, and projects of all sizes.

Menurut Wikipedia, Twitter Bootstrap adalah sebuah alat bantu untuk membuat sebuah tampilan halaman website yang dapat mempercepat pekerjaan seorang pengembang website ataupun pendesain halaman website.

Sesuai namanya, website yang dibuat dengan alat bantu ini memiliki tampilan halaman yang sama / mirip dengan tampilan halaman Twitter atau desainer juga dapat mengubah tampilan halaman website sesuai dengan kebutuhan.

Twitter Bootstrap dibangun dengan teknologi HTML dan CSS yang dapat membuat layout halaman website, tabel, tombol, form, navigasi, dan komponen lainnya dalam sebuah website hanya dengan memanggil fungsi CSS (class) dalam berkas HTML yang telah didefinisikan. Selain itu juga terdapat komponen-komponen lainnya yang dibangun menggunakan JavaScript.

Twitter Blueprint

Bootstrap adalah sebuah framework yang dikembangkan pengembang Twitter pada pertengahan tahun 2010. Sebelum menjadi kerangka kerja open-source, Bootstrap dikenal sebagai Twitter Blueprint.

Bootstrap telah menjadi salah satu front-end framework yang paling populer dan merupakan proyek open source di dunia.

Kelebihan bootstrap
  1. Responsive Layout dan 12-column grid system. Dengan Responsive Layout maka aplikasi web yang didesain dengan menggunakan Bootstrap akan langsung menyesuaikan dengan lebar dari media perambahnya.
  2. Tampilan web/blog akan tetap rapi dibuka dengan media apapun baik itu handphone, tablet, laptop ataupun PC desktop.
  3. Elemen-elemen yang biasa ada dalam sebuah website pada umumnya sudah dibuatkan class-nya oleh bootstrap ini, jadi kita tinggal memanggilnya dalam theme.
Kelebihan Lainnya:
  • Terlihat lebih rapi untuk tampilan template bootstrap. mungkin ini akan sedikit relatif, karena kebiasaan disetiap masing-masing developer membuat coding pasti berbeda-beda. namun pada dasarnya karena bootstrap sudah terstruktur, untuk modifikasi class dan penambahan class memang sebaiknya mempertahankan kerapihan kode yang sudah ada lebih dulu.
  • Template yang menggunakan Bootstrap juga tampak lebih ringan

No comments :

Post a Comment

Leave A Comment...